Cara mengobati kelinci Mencret

cibitungknowing – Hampir setiap pemilik kelinci mengalami hal ini, di bulan Maret 2013 ini saja kehilangan 2 ekor kelinci kesayangan saya gara – gara meremehkan penyakit Mencret.  Mencret merupakan salah satu penyakit yang bisa mengancam nyawa kelinci. Tidak sedikit kelinci yang mati karena penyakit ini. Karena itulah kita perlu tau bagaimana merawat kelinci ketika terserang penyakit ini. Beragam penyebab kelinci terserang oleh penyakit ini. Meskipun penyakit ini sangat mengancam dan sering kali fatal akibatnya, setidaknya kita mampu mengurangi persentase kemungkinan kematian kelinci yang dimiliki. Oke langsung aja deh kebanyakkan basa basi entar kelinci agan keburu mati. Berikut Cara Merawat Dan Mengobati Kelinci Mencret.

Perlakuan terhadap kelinci
  • Hentikan sebentar pola makan pelet, karena pelet tidak memiliki serat yang padat sehingga pencernaan akan langsung bisa terganggu bahkan diare bisa bertambah parah
  • Berikan obat mencret (diare) disarankan merupakan obat yang benar2 direkomendasikan terhadap kelinci
  • Penambahan air minum secukupnya. komposisi sekitar 4 ons air bersih ( 1 sdt gula, seperdelapan sdt garam. Sedikit baking soda bila perlu).. berikan pada air minum kelinci, atau jika kelinci memang terlanjur lemas berikan menggunakan suntikan secara perlahan dimulutnya. Hal ini bertujuan untuk mencegah dehidrasi dan memulihkan tenaga kelinci. Karena dehidrasi dapat menyebabkan kematian pada kelinci, apalagi kondisi diare menyebabkan cairan dari tubuh kelinci semakin menurun.
  • Beri makanan berserat tinggi. contoh rumput layu/kering atau jerami kering sebagai pakan mereka.. ingat :Rumput yang berserat tinggi.
  • Berikan daun jambu biji. daun jambu biji bisa membantu dalam menyumbat diare pada kelinci
  • Pantau kondisi kelinci. apabila kelinci tidak nafsu makan terhadap apa yang anda berikan segera kunjungi dokter hewan untuk penanganan medis lebih lanjut.
Obat alami kelinci yang mengalami mencret :
  • Daun Jambu Biji dan buah jambu biji yang masih mentah. Berikan sebagai makanan tambahan selain rumput atau jerami kering
  • “Apel (Malus domestica)  apel kaya akan pektin. Itulah mengapa apel adalah obat tradisional untuk diare. Pektin apel juga membantu mengobati sembelit karena bertindak sebagai pelunak feses yang lembut. Ini adalah amfoter, yang berarti bahwa ia bekerja di kedua arah, menyumbat perut ketika longgar atau melonggarkan mereka jika sembelit”. (http://www.healthypetcorner.com)
  • “Blackberry & Raspberry (Rubus, berbagai spesies)  segar atau kering , buah ini mengandung tannin yang tinggi sehingga juga sangat baik untuk diare”. (http://www.healthypetcorner.com)

Untuk hasil lebih baik segeralah bawa kelinci anda ke dokter hewan. Karena penyakit diare sangat fatal jika tidak ditangani secara serius.